PUSAT INFORMASI

PUSAT INFORMASI
Media Yang Mengulas Informasi Tentang Blogging, Aneh dan Unik, Kesehatan, Teknologi, Otomotif,Traveling,Bisnis,Fashion, Dunia Wanita ,Kecantikan, Forex, Ekonomi ,dan lainnya
Home » » Cara Mencegah Kolesterol

Cara Mencegah Kolesterol

Cara Mencegah Kolesterol
Cara Mencegah Kolesterol jahat




Kehidupan masyarakat perkotaan yang semakin hari semakin tidak teratur, dari mulai pola makan, kesibukan kerja, serta gaya hidup tak sehat merupakan faktor terbesar dalam meningkatnya kolesterol didalam tubuh kita.Pada dasarnya, kolesterol tinggi dapat diturunkan secara genetic atau biasa disebut familial hypercholesterolemia,namun dengan semakin tua seseorang,kolesterol jahat (LDL) cenderungakan mengalami peningkatan terutama pada wanita menopause.

Tahukah Anda?Populasi orang berkolesterol tinggi tidak hanya pada kalangan usia 40 tahun tetapi usia 20 tahun pun dapat berpotensi kolesterol dan sakit jantung. Semua itu karena gaya hidup yang tidak teratur seperti, merokok, tidak menjaga pola makan, begadang, konsumsi minuman beralkohol, jarang berolahraga, dsb.

Fenomena itu cukup memprihatinkan.Anda bisa bayangkan, jika kalangan muda tidak menjaga kesehatan tubuhnya maka dapat diprediksi penyakit stroke dan jantung koroner akan marak terjadi tanpa memandang usia.

Apa sebenarnya Jantung koroner dan Stroke itu?
Jantung koroner adalah penyakit yang muncul karena adanya kelainan pada jantung dan pembuluh darah. Penyebabnya antara lain dipicu oleh peningkatan kadar kolesterol yang biasa dikenal hiperkolesterolmia.Sebuah jurnal menulis,sebanyak 80% pasien meninggal dunia dan 50% meninggal tanpa gejala sebelumnya, karena kadar kolesterol yang tinggi seringkali tidak menimbulkan gejala, ini yang sebetulnya harus diwaspadai. Jangan sampai kecolongan. Dan yang kedua adalah Stroke, stroke terjadi akibat tingkat kolesterol darah yang tinggi sehingga membentuk plak dan menghambat pasokan darah dan oksigen ke otak. Kondisi tersebut dapat mematikan sel-sel saraf diotak.

Jantung koroner dan stroke bisa datang tiba-tiba menghampiri kita semua,namun jika kita menerapkan pola hidup yang sehat tentu mampu membantu memperhambat terjadinya jantung koroner dan stroke.Ada beberapa solusi untuk mengatasi kolesterol tinggi, diantaranya:

1.Hindari makan keripik kentang atau makan gorengan, sebaiknya mengkonsumsi makanan yang mengandung serat seperti sayuran dan kacang-kacangan,karena kedua sayuran tersebut mengandung nutrisi tingkat tinggi yang berguna untuk menyehatkan tubuh serta mengandung serat yang efektif menurunkan kolesterol.

2.Hindari mengkonsumsi daging yang mengandung tingkat tinggi lemak jenuh seperti daging sapi, daging kambing, dan babi.

3.Perbanyak jumlah sayuran yang Anda konsumsi setiap hari. Carilah kesempatan untuk makan makanan yg padat gizi.

4.Cari snack yang bernutrisi

5.Hindari makanan di restoran cepat saji.

6.Berhenti merokok

7.Rajin berolahraga

Anda pasti sudah sangat paham dengan poin-poin diatas. Memang harus diakuisulit rasanya mengatur gaya hidup sehat jika tidak diiringi dengan mindset dalam diri yang menginginkan tubuh sehat. Sudah banyak program pemerintah mengenai giat berolahraga seperti programcar free daydi berbagai daerah yang telah dicanangkan, namun tidak pula merubah total gaya hidup masyarakat yang masih saja merokok,mengkonsumsi minuman beralkohol dan jarang berolahraga yang akhirnya memperburuk jumlah kolesterol dalam tubuh kita.

Tanpa disadari kita dengan sengaja telah mengumpulkan kolesterol itu yang lama-lama menumpuk dan berpotensi tersumbatnya aliran darah dalam tubuh kita.Jika Anda tidak ingin itu terjadi, rubahlah mindset Anda!
Jaga kesehatan, paling tidak atur jenis makanan yang dimakan dan perbanyaklah minum air putih, sembari sempatkan waktu sedikit untuk sekedar berjalan kaki atau bersepeda menikmati segarnya udara pagi.

0 KomentaR: