PUSAT INFORMASI

PUSAT INFORMASI
Media Yang Mengulas Informasi Tentang Blogging, Aneh dan Unik, Kesehatan, Teknologi, Otomotif,Traveling,Bisnis,Fashion, Dunia Wanita ,Kecantikan, Forex, Ekonomi ,dan lainnya
Home » » Minum soda bisa percepat proses penuaan!

Minum soda bisa percepat proses penuaan!

akibat-minum-soda
Minum soda bisa percepat proses penuaan!


Susah bukan rahasia lagi bahwa minuman bersoda bisa memicu banyak penyakit serius seperti diabetes, obesitas, dan penyakit jantung. Namun ternyata bukan itu saja efek minum soda. Baru-baru ini penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Public Health menunjukkan bahwa minum soda juga bisa mempercepat proses penuaan, sama seperti kebiasaan merokok.
Ada banyak faktor yang bisa membuat soda bisa memicu penuaan yang lebih cepat.

Belum lagi jika Anda memiliki masalah kesehatan seperti penyakit jantung, masalah ginjal, diabetes, dan lainnya, efek soda akan semakin buruk.
Kebiasaan minum soda akan mempercepat penuaan sel kekebalan tubuh. Ini akan memicu banyaknya penyakit kronis pada tubuh. Minum soda dalam jumlah sedikit barangkali memang tak berbahaya. Namun jika minum soda telah menjadi kebiasaan, maka bisa menyebabkan banyak penyakit berbahaya. Peneliti telah memberikan bukti yang jelas bahwa soda bisa memperpendek telomere, kromosom yang menentukan usia seseorang.

Semakin pendek telomere, semakin tinggi juga risiko kematian seseorang.
Jika Anda masih penasaran bagaimana soda bisa mempercepat penuaan, berikut adalah beberapa efek soda pada tubuh yang kemudian bisa memicu penuaan sel lebih cepat dan menyebabkan penyakit kronis, seperti dilansir olehBoldsky(08/12).

1. Efek pada kromosom
Telomere pada kromosom bertanggungjawab terhadap proses penuaan. Semakin tua seseorang, telomere akan semakin pendek. Minum soda akan memicu telomere untuk memendek secara cepat dan membuat proses penuaan ikut cepat pula.

2. Lambatnya regenerasi sel
Regenerasi sel adalah hal penting dalam tubuh, karena regenerasi sel akan membuat tubuh tetap sehat dengan menggantikan sel yang sudah tua dengan sel baru. Namun dengan meminum banyak soda, regenerasi sel akan semakin melambat dan membuat proses penuaan menjadi lebih cepat.

3. Mempengaruhi metabolisme
Konsumsi soda akan membuat proses metabolisme menjadi lebih sulit dan rumit. Gula dalam soda lebih berbahaya dan bisa memicu penyakit metabolisme yang juga menyebabkan proses penuaan menjadi lebih cepat.

4. Mempengaruhi kulit
Salah satu efek soda adalah mempengaruhi lapisan epidermis kulit. Lapisan epidermis akan mengalami kerusakan dalam fungsi dan tidak bisa beregenerasi dengan baik. Akibatnya, ini bisa meningkatkan risiko peradangan dan mempercepat penuaan.

5. Dehidrasi
Soda bisa memicu dehidrasi. Sementara dehidrasi sendiri berkaitan dengan proses penuaan yang lebih cepat.

6. Kekebalan tubuh
Terbiasa minum soda akan membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lemah dan mempercepat proses penuaan. Kekebalan tubuh yang lemak akan memicu berbagai penyakit yang membuat tubuh kehilangan kebugarannya.

Selain membuat tubuh menjadi cepat tua, ini juga membuat tubuh rentan terserang penyakit, mulai dari penyakit biasa hingga yang berbahaya.

Itulah beberapa efek buruk dari soda yang bisa memicu penuaan dini. Jika ingin tubuh tetap bugar dan awet muda, hindari soda sekarang juga!

0 KomentaR: