PUSAT INFORMASI

PUSAT INFORMASI
Media Yang Mengulas Informasi Tentang Blogging, Aneh dan Unik, Kesehatan, Teknologi, Otomotif,Traveling,Bisnis,Fashion, Dunia Wanita ,Kecantikan, Forex, Ekonomi ,dan lainnya
Home » » Manfaat Kecambah Untuk Kesehatan

Manfaat Kecambah Untuk Kesehatan

manfaat kecambah untuk kesehatan
sumber gambar: google.com
Manfaat Kecambah Untuk Kesehatan.
Kecambah atau sering disebut juga touge merupakan tanaman sporofit muda yang berkembang dari tahap embrionik dari dalam biji. Tahap perkembangan biji ini disebut perkecambahan. Kecambah berasal dari proses pertumbuhan biji seperti, kacang kedelai, hijau, dan jenis dari kacang-kacangan lainnya.

Umumnya kecambah digunakan masyarakat sebagai bahan sayur-mayur dan lalapan. Seperti sup, oseng, dan masih banyak lagi. Kecambah sangat mudah didapat ditukang sayur maupun pasar. Namun masyarakat pada umumnya kurang mengetahui Kandungan nutrisi dan vitamin dari kecambah yang sangat tinggi.

Tahukah anda? Kecambah sangat bermanfaat bagi kesehatan kita, sebab mengandung banyak zat antioksidan dan vitamin, terutama vitanin A, C, dan E. Para ahli menyarankan agar mengkonsumsi kecambah dalam keadaan mentah agar nutrisi dalam kecambah tetap utuh.

Jadi apa manfaat kecambah untuk kesehatan? Untuk lebih jelasnya mari kita simak ulasannya sebagai berikut.

1. Mencegah Penuaan Dini.
Para ahli menyatakan jika ingin mengkonsumsi kecambah baiknya dalam keadaan mentah. Kalau tidak ingin mengkonsumsi dalam keadaan mentah cukup celupkan kecambah pada air mendidih sebentar saja. Tujuannya adalah agar Vitamin C dan kandungan atioksidan dalam kecambah tidak hilang terlalu banyak. Sebab antioksidan dan Vitamin C pada kecambah dapat menjaga tubuh dari serangan radikal bebas dan dapat memelihara kesehatan kulit. Yang kesimpulannya kecambah dapat mencegah penuaan dini. Atau pun proses penuaan.

2. Mencegah menghambat proses penyebaran kanker.
Dalam kecambah kedelai di temukan senyawa genistin untuk mencegah kanker payudara dan sangat efektif mencegah dan menghambat proses pasokan makanan sel kanker yang akan membuat sel kanker mati dan menghambat penyebaran sel-sel kanker secara efektif.

3. Meningkatkan Kesuburan.
Kecambah memiliki Vitamin E yang tinggi yang dapat meningkatkan kesuburan. Dan dapat mengobati pramenstruasi, pramenopause, keluhan menstruasi dan gangguan akibat menopause.

4. Menjaga sistem pencernaan.
Kandungan serat dan air yang tinggi pada kecambah dapat menjaga kesehatan pencernaan. Dan beberapa senyawa dalam kecambah dapat menghambat sel kanker pada usus besar.

5. Untuk kecantikan.
Mengkonsumsi kecambah secara rutin dapat membantu menghilangkan bekas noda hitam pada wajah, mencegah jerawat, membuat langsing, menjaga dan meremajakan kulit.

6. Mencegah osteoporosis.
Kandungan ektrogen yang tinggi pada kecambah dapat meningkatkan kepadatan tulang dan mencegah tulang rapuh atau osteoporosis.

7. Mengurangi kolesterol.
Kandungan saponin pada kedelai sangat tinggi dan akan meningkat 450% ketika sudah menjadi kecambah. Saponin sangat bermanfaat untuk menghancurkan kolesterol jahat(LDL) dalam tubuh tanpa menggangu kolesterol baik (HDL). Sebab jika tubuh kelebihan LDL dapat mengakibatkan penyakit jantung dan stroke.

0 KomentaR: