PUSAT INFORMASI

PUSAT INFORMASI
Media Yang Mengulas Informasi Tentang Blogging, Aneh dan Unik, Kesehatan, Teknologi, Otomotif,Traveling,Bisnis,Fashion, Dunia Wanita ,Kecantikan, Forex, Ekonomi ,dan lainnya
Home » , » Faktor Penyebab Darah Tinggi dan Rendah

Faktor Penyebab Darah Tinggi dan Rendah

Faktor Penyebab Darah Tinggi dan Rendah
Faktor Penyebab Darah Tinggi dan Rendah
Biasanya, tekanan darah normal adalah 120/80 mmHg, tetapi angka-angka ini dapat berubah sewaktu-waktu yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan rendah. Tekanan darah dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti emosi positif atau negatif, waktu hari (tekanan darah biasanya menurun pada malam hari dan naik di pagi hari), aktivitas fisik, penyakit (diabetes, aktivitas jantung, tiroid, adrenalin dan gangguan ginjal) dan bahkan oleh cuaca. Kita harus tahu faktor-faktor ini agar dapat mengendalikan tekanan darah dan menjaganya pada tingkat yang stabil dan sehat.

Tekanan darah adalah tekanan yang berada dalam pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh sistem kardiovaskular. memproses metabolisme dalam jaringan tubuh. Angka tekanan darah tergantung pada karakteristik individu, gaya hidup dan pekerjaan seseorang. Seperti yang kita tahu tekanan darah normal adalah 120/80 mmHg.Tapi angka-angka ini berubah dengan usia, aktivitas fisik atau karena stres dan emosional.

Namun, terlepas dari fluktuasi yang signifikan pada tekanan darah, tubuh kita memiliki mekanisme kompleks yang mengatur level. Mekanisme regulasi, ini cenderung untuk mengembalikan tekanan darah ke nilai normal setelah aktivitas fisik berahir. Dalam beberapa kasus, mekanisme ini mungkin  dapat mempengaruhi perubahan tekanan darah. Tekanan darah tinggi disebut juga hipertensi sedangkan yang rendah adalah hipotensi. Ada cukup banyak faktor yang mempengaruhi tekanan darah, mari kita membahas beberapa dari faktor tersebut.

Faktor penyebab tekanan darah tinggi.

  1. *.Kelebihan berat badan(obesitas) Ini membuktikan bahwa orang obesitas dan kelebihan berat badan menderita hipertensi lebih sering daripada orang-orang dengan berat badannya ideal, karena sistem kardiovaskular mereka mengalami beban tinggi. Dalam rangka memberikan darah ke seluruh tubuh, volume darah ditingkatkan, dan output darah serta resistensi pembuluh juga meningkat - semuanya mengarah ke peningkatan tekanan darah.
  2. *.Merokok. Kebiasaan buruk ini menyebabkan penyempitan pembuluh yang membuat tekanan darah pada tingkat di atas normal. Dokter mencatat bahwa perokok berada pada risiko lebih tinggi terkena aterosklerosis dan penyakit jantung iskemik, yang merupakan faktor 'utama' untuk hipertensi.
  3. *.Alkohol. Konsumsi alkohol dapat berkontribusi meningkatkan aktivitas sistem saraf simpatik, dengan demikian, meningkatkan ketegangan pembuluh dan menyebabkan tekanan darah tinggi. Dokter merekomendasikan membatasi konsumsi harian minuman keras hingga 60 ml dan anggur - 200 ml.
  4. *.Garam. Para peneliti telah menganalisis data yang diperoleh dari berbagai tes dan menemukan bahwa konsumsi garam berlebihan dapat menyebabkam overstimulates sistem saraf manusia.Karena rangsangan tersebut, tubuh mulai memproduksi adrenalin, hormon  menyebabkan vasokonstriksi sehingga terjadi peningkatan tekanan darah.
  5. *.Emosional dan psikologis stres. Jika tubuh berada di bawah stres, mulai melepaskan adrenalin yang menyebabkan naiknya tekanan darah. Stres kronis dapat menyebabkan hipertensi kronis.

Faktor penyebab tekanan darah  rendah.

  1. *.Dehidrasi kronis.Dehidrasi dapat menyebabkan hipotensi arteri, biasanya akibat dari puasa berkepanjangan atau pembatasan yang ketat asupan makanan sebagai bagian dari beberapa diet.
  2. *.Kehamilan dapat menyebabkan hipotensi akibat peningkatan volume sirkulasi darah.
  3. *.Penyakit menular. fakta bahwa kematian masif sel mikroba melepaskan produk limbah mereka ke dalam aliran darah. Hal ini menyebabkan penurunan tekanan darah dengan mengurangi tekanan pembuluh.
  4. *.Reaksi alergi (misalnya. anafilaksis syok) hasil produksi dari apa yang disebut zat biologis aktif (histamin, bradikinin, dll) yang juga mengurangi tonus pembuluh darah.
  5. *.Gaya hidup.Dalam hal ini, kita berbicara terutama tentang pasien yang tetap berbaring terlalu lama, Yang mungkin menyebabkan refleks yang tidak memadai sistem saraf vegetatif tubuh yang tidak akan membiarkan kendali tubuh tekanan darah.Seseorang membutuhkan lebih banyak waktu untuk menyesuaikan kembali tubuhnya ke posisi tegak.
  6. *.Beradaptasi dengan perubahan iklim.Penurunan tekanan darah ketika tubuh beradaptasi dengan perubahan yang tajam dari kondisi iklim dan cuaca.

Mungkin penjelasan tentang faktor penyebab darah tinggi dan rendah cukup sampai disini, semoga dapat menambah wawasan sahabat semua.

0 KomentaR: